Motorlosari.com, Berita Seputar Otomotif, Perawatan Mobil - Bagi para pecinta otomotif, perawatan sebuah mobil merupakan hal yang perlu dan harus dilakukan oleh kita sebagai pelakunya, tapi terkadang kita tidak sadar bahwa perawatan mobil yang utama adalah mementingkan kenyamanan mobil itu sendiri dari pada kita terlalu disibukan dengan modifikasi atau menambahkan accessories pada mobil kita, namun kenyatanya kita lebih cenderung ingin melihat mobil kita tampil beda.
Perawatan rangka/body mobil serta mesin adalah yang paling utama, terlebih jika anda membeli mobil bekas dengan tahun yang sudah lumayan tua, disitu anda bisa melihat pada bagian bawah rangka mobil, dan melihat pada bagian-bagian tertentu yang mana ada bagian yang perlu diperbaiki seperti pada bagian yang cukup vital, adalah pada bagian cross member
Crossmember Hyundai Atoz
Perawatan rangka/body mobil serta mesin adalah yang paling utama, terlebih jika anda membeli mobil bekas dengan tahun yang sudah lumayan tua, disitu anda bisa melihat pada bagian bawah rangka mobil, dan melihat pada bagian-bagian tertentu yang mana ada bagian yang perlu diperbaiki seperti pada bagian yang cukup vital, adalah pada bagian cross member
Jangan Biarkan Crossmember Keropos Pada Mobil Anda
Apa sih sebenarnya Cross Member?
Crossmember adalah Balok yang melintang atau potongan yang terbuat dari besi maupun baja baja, dan biasanya berbentuk seperti kotak yang kemudian dirangkai dengan baut melintang pada sebuah rangka kendaraan atau mobil untuk menopang mesin, pengertian tersebut merupakan pengertian crossmember itu sendiri secara luas, selain sebagai penopang mesing, crossmember juga sebagai penyeimbang laju mobil oleh sebab itu jangan biarkan Crossmember keropos pada mobil anda.
Mengapa jangan biarkan Crossmember Keropos?
Jangan sampai anda biarkan crossmember keropos pada mobil anda, karena bisa berdampak banyak pada laju mobil dan bisa berakibat fatal, seperti;
1. Crossmember sebagai penahan mesin, jika penahan mesin ini tidak kuat, maka otomatis mesin akan mengalami getaran dan yang paling fatal adalah mesin bisa jebol kebawah karena faktor Crossmember yang sudah keropos dan patah ketika melewati jalanan yang rusak dan berlubang.
2. Crossmember sebagai penyeimbang, jika Crossmember keropos maka yang terjadi keseimbangan juga akan terganggu, karena penahan keseimbangan sudah tidak maksimal, dan pada bagian Crossmember banyak sekali bagian penahan mesin atau bantalan yang melekat padanya seperti Strut rod, Stabilizer bar,, shock absorber, upper arm, lower arm, dan masih banyak lagi, lihat pada gambar diabagian bawah ini;
Apa penyebab Crossmember keropos?
Untuk semua pengguna mobil Atoz maupun visto, penyebab keropos selain dari usia mobil dan jalanan yang rusak, ternyata juga karena pembuangan ac yg jatuh pas di bawah crossmember sebelah kiri, dan tetesan air ini juga merambat ke bagian kanan secara terus menerus, dengan tetesan air itu maka akan menyebabkan korosi dan kroposnya crossmember.
Bagian-bagian dari Crossmember
Apa saja perwatan yang harus dilakukan?
Perawatan yang harus dilakukan agar Cros member tetap dalam kondisi yang maksimal sebagai penahan mesin dan penyeimbang mobil adalah;
1. Jangan melewati jalanan berlubang, Jika anda mengemudi hal yang terpenting adalah anda harus bisa memilih jalan yang bagus untuk dilewati, jangan memaksakan kehendak pada mobil untuk melewati jalanan yang rusak, karena ini bisa merusak bagian-bagian tertentu pada Crossmember jika dilakukan secara terus-menerus, laluilah jalan yang rata dan bagus.
2. Las pada bagain rangka Crossmember, Jika pada bagian Crossmember ada yang keropos maka segera bawa ke tukang las agar bisa di perbaiki pada bagain yang keropos, dan jangan lupa untuk menambahkan pelingkut anti karat, agar rangka crossmemeber lebih awet
3. Ganti bagian pada Crossmember yang rusak, Jika mobil anda terasa tidak nyaman pada bagian depan seperti terdapat bunyi, KREK KREK disaat mobil jalan, atau bunyi DUG DUG pada saat melewati polisi tidur maka bisa jadi pada bagian Crossmember ada yang bermasalah, segera bawa ke bengkel kaki-kaki mobil
4. Membuat selang tambahan untuk pembuangan ac agar air tidak jatuh mengenai crossmember
4. Membuat selang tambahan untuk pembuangan ac agar air tidak jatuh mengenai crossmember
Untuk kelengkapan artikel diatas, jika anda ingin melengkapi agar otomotif mania yang lain bisa memahami lebih jelas fungsi kita tidak boleh membiarkan Crossmember Keropos, bisa berkomentar dibagian bawah kolom komentar.
0 Response to "Jangan Biarkan Crossmember Keropos Pada Mobil Anda"
Post a Comment